Thanks for visit http://randylio.blogspot.com Or http://rlpower.cz.cc
English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

01/05/11

Contoh manual book PKB




BAHASA DAN PROGRAM EDITOR :
         Permainan ini menggunakan bahasa pemrograman Prolog. Dan di sini saya menggunakan Strawberry Prolog sebagai program editor. Alasan saya menggunakan strawberry prolog ini karena menurut saya ini mudah untuk digunakan


INITIAL STATE :
Initial State Yang digunakan sebagai acuan untuk membuat program Tic Tac Toe adalah, pembuatan papan permainanya.Di sini saya menggunakan papan 3 dimensi yang berukuran 3x3x3. Game Tic-Tac-Toe merupakan Permainan Mental yang dimainkan seorang pemain bermain melawan AI komputer. Pada game ini akan menampilkan 27 spot yang tersusun dari tiga baris dan tiga kolom.Dalam permainan ini menggunakan dua buah warna yaitu warna merah yang akan digunakan oleh pemain dan warna biru yang digunakan oleh Komputer. Game ini akan mengasah otak pemainnya.Pemain dipaksa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan game ini. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain, sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan.


RULE :
            Aturan main (Rule) yang digunakan pada games tic tac toe ini adalah sebagai berikut:
1.      User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan letak dari warna yang akan dimainkan. User diberi kebebasan untuk meletakkan warna di mana saja selama berada di papan permainan.
2.      Komputer diberi pembelajaran untuk menghalangi jalan user untuk mencapai Goal (Tujuan).
3.      Komputer juga diberi pembelajaran untuk memenangkan games ini (membentuk suatu garis lurus berdasarkan simbolnya) .


GOAL :
            Goal untuk menyelesaikan games Tic Tac Toe ini adalah membuat sebuah deretan tiga symbol yang dapat dibentuk secara vertical, horizontal, diagonal. Games akan berakhir salah satu pemain dapat membentuk 8 pola seperti dibawah ini :



Goal 1:
X
X
X







Goal 2:



X
X
X




Goal 3:






X
X
X

Goal 4:
X


X


X



Goal 5:

X


X


X


Goal 6:


X


X


X

Goal 7:
X



X



X

Goal 8:


X

X

X



AI :
Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game ini terletak pada computer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user.Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang.

BATAS USIA :
            Permainan ini dapat dimainkan untuk semua usia. Karena permainan ini mengasah ketrampilan otak dengan menyusun strategi sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.



INSTALASI STRAWBERRY PROLOG :
            Strawberry Prolog merupakan sebuah bahasa pemrograman logika yang memiliki Object Oriented Language. Pada prolog ini tidak terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah. Untuk menggunakan strawberry prolog tidak dilakukan instalasi. Programmer dapat meng-unduhnya secara gratis di website resminya. Namun karena penggunaannya yang gratis, pada strawberry prolog ini, games Tic Tac Toe tidak dapat membentuk sebuah file execute (exe). Jadi program dapat dijalankan dengan membuka file strawberry prolog (spj) di dalam strawberry prolog itu sendiri
Untuk membuka file spj-nya, pilih pada menu bar FILE → OPEN kemudian pilih file Tic Tac Toe 3x3x3.
Untuk menjalankan games-nya dapat menggunakan shortcut F5. Atau pada menu bar pilih RUN → RUN. Hasilnya dapat dilihat pada output dibawah ini.

OUTPUT 


RL-power 
Jika sudah bisa jangan lupa cuap-cuapnya ya..hehehe..
 

RL.power | CLEAR & FAST Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha